Multimedia
Nama
: Ilham Tejana Putra
NPM : 15414198
Kelas : 4IB05-C
NPM : 15414198
Kelas : 4IB05-C
Pengertian
Multimedia
Multimedia adalah suatu sarana (media) yang
didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen informasi,
seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai
pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar
memberikan hiburan bagi target audiens-nya.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan
seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa
Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang
berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu.
Konsep Dasar Multimedia
Multimedia ini berisikan empat komponen yang penting
untuk multimedia. Pertama, harus ada computer untuk melakukan koordinasi apa
yang dilihat dan didengar, dan yang berinteraksi dengan pengguna. Kedua, harus
ada hubungan yang menghubungkan informasi. Ketiga, harus ada perangkat navigasi
yang memungkinkan pengguna melintasi informasi yang terkoneksi melalui web.
Yang terakhir, harus ada cara bagi pengguna untuk mengumpulkan, memproses dan
mengkomunikasikan informasi dengan ide-ide pengguna. Jika satu dari komponen
ini tidak ada atau hilang, maka tidak dapat disebut sebagai multimedia.
Pemanfaatan
Multimedia
Multimedia juga
menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk
penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima
dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam
lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
1. Di Bidang Pendidikan
Berikut
ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi
alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
a. Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b. Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi
pelajaran
c. Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan
berkesan
d. Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e. Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu
lain
f. Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar
yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g. Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h. Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
i. Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan
teknologi terkini
j. Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah
pengajaran
k. Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih
menyenangkan
l. Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa
karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar
pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
m. Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang
berbeda
n. Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di
antara siswa melalui diskusi
o. Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan
konstruktivisme.
p. Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri
tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
q. Siswa dapat memilih
bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat
dan kehendak sendiri.
2. Di
Bidang Kesehatan
Mempermudah
Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung
pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien
dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto
di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa
memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru
dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi
Informasi dan Komputer.
3. Di
Bidang Lain
Manfaat
komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu,
mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya
adalah :
- Bidang Transportasi
Dengan
komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di
program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat
dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian
tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah
diprogram di dalam kmputer.
Dengan
komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah
gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal
Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
- Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor
Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan
adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima
surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap, jadi dunia menjadi
semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
- Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil
di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan
bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah
ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga
manusia.
- Bidang Jasa Konstruksi
Dengan
komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan
dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain
menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa
kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan
bantuan komputer.
- Bidang Jasa Percetakan
Percetakan
koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan
oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau
koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan
biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu
orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan,
keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
- Bidang Industri Perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga
di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya
tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam,
sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
Multimedia
Dalam Pendidikan
Multimedia
dalam pendidikan adalah gabuangan dari berbagai media (teks, suara, gambar,
animasi dan video) dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sebagai alat
penyampaian pesan atau materi pendidikan. Multimedia digunakan untuk
menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa yang menurus kearah terjadianya
proses belajar. Artinya multimedia terdiri dari bermacam-macam media yang
dimiliki untuk melakukan kegiatan pembelajaran sehingga memberikan bayak
pengalaman yang dapat mendidik orang cepat belajar. Dengan menggabungkan
gamabar, suara, animasi, dan video menjadikan multimedia sebagai sarana
pendukung yang interaktif dalam pembelajaran di kelas.
Dalam
bidang pendidikan multimedia sangat mendukung untuk pembelajaran guna
mempermudah penyampaian materi secar visualisasi, audio ataupun video. Berikut
kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia dalam bidang pendidikan
:
- Multimedia membantu peljar mengerti
isi pelajaran
- Multimedia membantu siswa untuk
mempermudah mengingat tentang isi pelajaran
- Multimedia menyampaikan isi
pelajaran dengan canggih dan berkesan
- Multimedia mampu menjadi sumber
pengetahuan
- Multimedia mampu mencari hubungan
antara satu ilmu dengan ilmu lain
- Multimedia mampu menjadiakan dunia
sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
- Multimedia mampu menghibur selama
proses pembelajaran
- Multimedia membuat terjadinya
interaksi antara siswa dengan teknologi terkini
- Multimedia member peluang kepada
guru untuk mengubah kaidah pengajaran
- Multimedia membuat proses belajar
mengajar menjadi menyenangkan
- Multimedia mengajari setiap siswa
dengan gaya pembelajaran yang berbeda
- Multimedia menggalakan pembelajaran
kooperatif den interaktif di antara siswa melalui diskusi
Multimedia
Untuk Aplikasi Umum
Untuk
mengetahui multimedia pada aplikasi umum, terlebihdahulu kita harus mengetahui
objek yang terdapat pada multimedia sebagai media antarmuka dari program pada
pengguna. Berikut beberapa Objek Multimedia:
Teks
- Teks merupakan dasar dari
pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia.
Hypertext
- Sebagian besar penggunaan link
berdasarkan hypertext yang biasa
disebut hotword atau
hotkey.
- Hotword ditampilkan berbeda dengan
teks lain pada monitor.
- Untuk mengembangkan multimedia yang
berorientasi pada teks (text-oriented), harus dipilih authoring tool yang
mempunyai kemampuan hypertext dengan baik.
Auto-hipertext
- Program mengenali teks yang
mempunyai informasi tertentu dan secara otomatis menampilkan informasi
bila teks dipilih oleh user.
Text searching
- Pencarian teks
- Berberapa authoring tool dilengkapi
kemampuan pencarian teks
Import dan export text
- Teks yang digunakan dalam
multimedia mungkin hasil daripengolahan kata, atau tersimpan dalam
database.
- Perlu paket authoring yang dapat
mengimpor teks dan database dari file lain.
Dari objek multimedia
di atas, bisa kita pahami bahwa multimedia yang dibuat dalam aplikasi umum
harus memiliki hal tersebut. Berikut beberapa contoh aplikasi umum multimedia
yang memilki hal tersebut.
Berdasar ISO93a dapat
diklasifikan menjadi beberapa kriteria :
1. Perception Medium
•
Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
• “Bagaimana
manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” Persepsi informasi
melalui penglihatan atau pendengaran.
•
Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
•
Aspek pada perception medium :
i. Aspek
Representative Space: sesuatu yang terkandung
daklam presentasi secara nyata
– Kertas, layar
– Slide show,
power point
ii. Aspek
Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
– Self contained
(interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa, bau
– Predefined symbol set
(sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii. Aspek
Representation Dimension
– Ruang (space)
– Waktu (time) :
time independent,
discreet (text, grafis)
time dependent,
continuous media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
2. Representation
Medium
•
Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
• “Bagaimana
informasi pada komputer dikodekan?” Menggunakan berbagai format untuk
merepresentasikan informasi. Contoh :
– Text :
ASCII dan EBCDIC
– Grafis: CEPT atau
CAPTAIN videote
– Audio
stream
: PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi
linier 16 bit
–
Image
: Facsimile (standard ISO) atau JPEG
–
Audio/video :
TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer standard (MPEG)
3. Presentation Medium
•
Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
•
“Melalui media apa informasi disajikan oleh
komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
Output : kertas,
layar, speaker
Input :
keyboard, mouse, kamera, microphone
4. Storage Medium
•
Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas
pada komponen komputer)
• “Dimanakah
informasi akan disimpan?” microfilm,
floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
•
Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya
transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
• “Melalui
apa informasi akan ditransmisikan?” melalui jaringan, menggunakan kabel
(coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
6. Information Exchange
Medium
•
Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media
transmisi
•
“Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling
dipertukarkan?” direct transmission dengan jaringan komputer, combined
(storage dan transmission media), web yang berisi
informasi, e-book, forum.
Internet
Based
Internet
Based adalah suatu sistem atau proses yang menghubungkan penguna internet
dengan berbagai macam sumber pengetahuan yang saling berinteraksi baik secara
synchronous maupun asynchronous berbasis teknologi informasi dengan antarmuka
web. Mungkin agak sedikit rancu tentang kata web, coba saya jelaskan sedikit
tentang web.
Web
adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Sebenarnya antara www
(world wide web) dengan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www
mencadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia
internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses
informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa keks, tetapi juga
dapat berupa gambar, suara, filem, animasi dan lain-lain. Web merupakan
kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang
berada diseluruh penjuru dunia dan terhubung menjadi satu jaringan melalui
jaringan yang disebut internet.
PERANGKAT
PEMBUATAN APLIKASI MEDIA
A. Perangkat Keras (
Hardware)
Hardware
atau dalam bahasa indonesia disebut perangkat Keras adalah salah satu komponen
dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung
atau dalam bentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware
dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang
juga disebut dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat
dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Secara fisik,
Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem
adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan.
Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini
termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware)
1) Video Board/ Video
Graphic Adapter (VGA)
VGA
adalah perangkat komputer yang berfungsi menampilkan gambar pada layar monitor
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer
analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA berguna untuk
menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau
bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Standar
VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA
justru digantikan oleh Super VGA.
2) Sound Card
Kartu
suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk
mengeluarkan suara dan merekam suara.Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai
pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di
setiap komputer.
⦁
Sound Card Onboard adalah sound card yang menempel langsung pada motherboard
komputer.
⦁
Sound Card Offboard adalah sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada
motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
⦁
Soundcard External adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke
komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
3) CD-ROM
Compact
Disk Read Only Memory adalah salah satu terobosan yang cukup penting dalam
dunai komputerisasi, walaupun hanya dapat ditulis sekali dan dibaca
berulang-ulang, akan tetapi daya simpan yang cukup tinggi sekitar 650 MB sangat
membantu sebagai tempat penyimpanan data.
Compact
Disk yang beredar sekarang ini terdiri dari beberapa tipe format seperti :
CD-DA (Digital Audio) atau biasa disebut CD-Music; Kodak Photo CD berisi
file-file gambar yang dipadatkan; CD-I (Interactive) berisi gambar-gambar video
yang interaktif; dan masih ada beberapa tipe format CD yang lainnya.
4) Scanner
Scanner
adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin
fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner
hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat
dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang
kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
B. Perangkat Lunak
(Software)
Perangkat
lunak atau Software membantu pengguna komputer untuk memberitahukan apa yang
harus dilakukan komputer. Perangkat lunak digunakan untuk membuat elemen-elemen
multimedia seperti teks, gambar, suara, video dan animasi. Elemen-elemen
tersebut dapat dihasilkan dari hasil imajinasi dalam pemakaian perangkat lunak
pada komputer.
1) Video Streaming
Video
Streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses
internet untuk menghasilkan sebuah gambar. Contohnya: Yahoo Messenger, Skype,
YouTube, atau yang sejenisnya.
Cara Kerja : Mengalirkan
sebuah data video dari suatu transmitter ke sebuah atau beberapa komputer yang
berfungsi sebagai receiver. Jadi receiver menerima video tersebut secara real
time dan receiver tidak dapat mengulang stream yang didapatnya. Video streaming
biasanya digunakan pada kelas virtual atau konferensi video. Tapi tidak menutup
kemungkinan juga video streaming dilakukan untuk mentransmit suatu video clip
ataupun film ke client yang menjadi receiver.
2) VOIP (Voice Over
Internet Protocol)
Voice
over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony
atau Digital Phone) adalah teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa
melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung.Sinyal suara analog,
seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data
digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real
time. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui
terminal yang berupa PC atau telepon biasa.
Cara Kerja : Teknologi
yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data
suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang
mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
3) Video VOIP
Video
profesional over IP sistem menggunakan beberapa codec video standar yang ada
untuk mengurangi materi program ke bitstream (misalnya, aliran transportasi
MPEG), dan kemudian menggunakan Internet Protocol (IP) jaringan untuk membawa
bahwa bitstream dikemas dalam aliran paket IP . Hal ini biasanya dilakukan
dengan menggunakan beberapa varian dari protokol RTP. Tercatat video
profesional melalui jaringan IP memiliki tantangan khusus dibandingkan dengan
sebagian besar lalu lintas IP non-waktu-kritis. Banyak masalah ini mirip dengan
yang ditemukan pada voice over IP, tetapi untuk tingkat yang lebih tinggi dari
persyaratan teknik. Secara khusus, ada kualitas yang sangat ketat persyaratan
layanan yang harus dipenuhi untuk digunakan dalam lingkungan siaran
profesional.
Cara
Kerja:
⦁
IP-enabled set-top box dikendalikan oleh platform middleware yang duduk di
headend.
⦁
Untuk linear video IP MPEG, paket yang dikemas dalam IP untuk transmisi di
jaringan. Video disampaikan melalui model kabel sistem terminasi Cisco (CMTS),
bukan quadrature amplitude modulasi (QAM).
⦁
DOCSIS 3.0 teknologi memungkinkan layanan video maju dengan memberikan IP video
interaktif ke rumah.
4) ENCODER
Encoder
adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengkodekan data input menjadi data
bilangan dengan format tertentu.Encoder dalam rangkaian digital adalah
rangkaian kombinasi gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk
line input dan memiliki output sedikit dalam format bilangan biner. Encoder
akan mengkodekan setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner.
Dalam teori digital banyak ditemukan istilah Encoder seperti “Desimal to
BCDEncoder” yang berarti rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkodekan
line input dengan jumlah line input desimal (0-9) menjadi kode bilangan biner 4
bit BCD (Binary Coded Decimal). Atau “8 line to 3 line Encoder” yang berarti
rangkaian Encoder dengan input 8 line dan output 3 line (3 bit BCD).
Cara Kerja: Mengubah
sinyal seperti data atau bitstream ke dalam bentuk yang dapat diterima untuk
transmisi data atau penyimpanan data. Umumnya ini dilakukan melalui suatu
algoritma tertentu, terutama jika ada bagian yang berupa digital.
5) MPEG-2 & MPEG-4
MPEG-2
adalah penentuan untuk sekelompok koding dan kompresi untuk audio dan video,
yang disetujui oleh MPEG dan diterbitkan sebagai standar internasional ISO/IEC
13818. MPEG-2 biasanya digunakan untuk encode audio dan video untuk sinyal
broadcast, termasuk satelit broadcast langsung dan televisi kabel. MPEG-2
dengan beberapa modifikasi juga format coding yang digunakan dalam film DVD
komersial. Menggunakan MPEG2 perlu membayar biaya lisensi kepada pemegang paten
melalui MPEG Licensing Association.
MPEG-4,
diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding
standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh
Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4
adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.
- MPGE
Cara Kerja: MPEG-2 sama
dengan MPEG-1, tetapi juga menyediakan dukungan untuk interlaced video (
seperti pada siaran TV ) dan juga mendukung Transport Stream yang dibuat untuk
mentranfer video dan audio digital pada media dan digunakan untuk broadcasting.
Standard MPEG-2 saat ini telah ditingkat menjadi standard terbaru untuk
transmisi HDTV. Saat ini digunakan untuk SVCD, DVD dengan tingkat bit yang
dapat diubah dan memiliki kualitas gambar yang luar biasa. DV Video merupakan
subformat khusus dari MPEG-2 dengan tingkat bit yang tetap. Format ini sangat
cocok digunakan untuk video editing.
MPEG-4
berbasis MPEG-1 dan MPEG-2, tetapi ada tambahan fitur seperti dukungan VRML
untuk rendering 3D, files komposit berorientasi objek (termasuk audio, video
dan virtual reality modelling), dukungan untuk DRM dan berbagai macam
interaktivitas.
Referensi
http://hartina129b.blogspot.sg/2013/04/pengertian-multimedia-dan-contohnya.html
https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3443/Bab%202.pdf?sequence=7
http://clickzbramanthya.blogspot.sg/2013/03/pemanfaatan-multimedia.html
https://kusdanar.wordpress.com/2013/03/19/multimedia-dalam-pendidikan/
http://elektroengineering.blogspot.sg/2013/03/multimedia-untuk-aplikasi-umum.html
https://irfanramadhan4.wordpress.com/2013/03/22/multimedia-untuk-aplikasi-umum/
https://kusdanar.wordpress.com/2013/03/20/internet-based/
http://dannyonggo.blogspot.com/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html
http://stiebanten.blogspot.com/2011/07/manfaat-multimedia-dalam-kehidupan.html
http://chievan.blogspot.com/2010/04/pemanfaatan-multimedia.html
http://pandakris.blogspot.co.id/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-multimedia-dan-jenis-multimedia/
http://achmadarfan91.blogspot.co.id/p/blog-page_21.html
https://agungborn91.wordpress.com/2013/03/16/pemanfaatan-multimedia/
https://kusdanar.wordpress.com/2013/03/20/internet-based/
http://www.transiskom.com/2010/10/pengertian-dan-jenis-sound-card.html
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer/
http://imamnetwork.blogspot.com/2011/08/voip.html
https://ignasiusmicko.wordpress.com/2016/04/05/perangkat-media-pembuatan-aplikasi-multimedia/
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-multimedia-dan-jenis-multimedia/
http://achmadarfan91.blogspot.co.id/p/blog-page_21.html
https://agungborn91.wordpress.com/2013/03/16/pemanfaatan-multimedia/
https://kusdanar.wordpress.com/2013/03/20/internet-based/
http://www.transiskom.com/2010/10/pengertian-dan-jenis-sound-card.html
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer/
http://imamnetwork.blogspot.com/2011/08/voip.html
https://ignasiusmicko.wordpress.com/2016/04/05/perangkat-media-pembuatan-aplikasi-multimedia/
Komentar
Posting Komentar