Multimedia


Nama : Ilham Tejana Putra
NPM : 15414198
Kelas : 4IB05-C
Pengertian Multimedia
Multimedia adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu.
Konsep Dasar Multimedia
            Multimedia ini berisikan empat komponen yang penting untuk multimedia. Pertama, harus ada computer untuk melakukan koordinasi apa yang dilihat dan didengar, dan yang berinteraksi dengan pengguna. Kedua, harus ada hubungan yang menghubungkan informasi. Ketiga, harus ada perangkat navigasi yang memungkinkan pengguna melintasi informasi yang terkoneksi melalui web. Yang terakhir, harus ada cara bagi pengguna untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dengan ide-ide pengguna. Jika satu dari komponen ini tidak ada atau hilang, maka tidak dapat disebut sebagai multimedia.
Pemanfaatan Multimedia
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.

1.       Di Bidang Pendidikan
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
a.     Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b.     Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c.     Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d.    Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e.     Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f.    Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g.     Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h.     Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
i.      Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
j.      Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
k.     Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
l.      Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
m.    Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
n.     Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
o.     Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
p.     Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.

q.     Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat dan kehendak sendiri.
2.      Di Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
3.       Di Bidang Lain
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah   :
- Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut  bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
- Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap, jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
- Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
- Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
- Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
- Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood  berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
Multimedia Dalam Pendidikan
Multimedia dalam pendidikan adalah gabuangan dari berbagai media (teks, suara, gambar, animasi dan video) dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sebagai alat penyampaian pesan atau materi pendidikan. Multimedia digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa yang menurus kearah terjadianya proses belajar. Artinya multimedia terdiri dari bermacam-macam media yang dimiliki untuk melakukan kegiatan pembelajaran sehingga memberikan bayak pengalaman yang dapat mendidik orang cepat belajar. Dengan menggabungkan gamabar, suara, animasi, dan video menjadikan multimedia sebagai sarana pendukung yang interaktif dalam pembelajaran di kelas.

Dalam bidang pendidikan multimedia sangat mendukung untuk pembelajaran guna mempermudah penyampaian materi secar visualisasi, audio ataupun video. Berikut kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia dalam bidang pendidikan :
  • Multimedia membantu peljar mengerti isi pelajaran
  • Multimedia membantu siswa untuk mempermudah mengingat tentang isi pelajaran
  • Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
  • Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
  • Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
  • Multimedia mampu menjadiakan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
  • Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
  • Multimedia membuat terjadinya interaksi antara siswa dengan teknologi terkini
  • Multimedia member peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
  • Multimedia membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan
  • Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
  • Multimedia menggalakan pembelajaran kooperatif den interaktif di antara siswa melalui diskusi
Multimedia Untuk Aplikasi Umum
Untuk mengetahui multimedia pada aplikasi umum, terlebihdahulu kita harus mengetahui objek yang terdapat pada multimedia sebagai media antarmuka dari program pada pengguna. Berikut beberapa Objek Multimedia:
Teks
  • Teks merupakan dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia.
Hypertext
  • Sebagian besar penggunaan link berdasarkan hypertext yang biasa
disebut hotword atau hotkey.
  • Hotword ditampilkan berbeda dengan teks lain pada monitor.
  • Untuk mengembangkan multimedia yang berorientasi pada teks (text-oriented), harus dipilih authoring tool yang mempunyai kemampuan hypertext dengan baik.
Auto-hipertext
  • Program mengenali teks yang mempunyai informasi tertentu dan secara otomatis menampilkan informasi bila teks dipilih oleh user.
Text searching
  • Pencarian teks
  • Berberapa authoring tool dilengkapi kemampuan pencarian teks
Import dan export text
  • Teks yang digunakan dalam multimedia mungkin hasil daripengolahan kata, atau tersimpan dalam database.
  • Perlu paket authoring yang dapat mengimpor teks dan database dari file lain.
Dari objek multimedia di atas, bisa kita pahami bahwa multimedia yang dibuat dalam aplikasi umum harus memiliki hal tersebut. Berikut beberapa contoh aplikasi umum multimedia yang memilki hal tersebut.
Berdasar ISO93a dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :
1. Perception Medium
•     Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
•    “Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran.
•    Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
•    Aspek pada perception medium :
i.  Aspek  Representative  Space:  sesuatu  yang  terkandung daklam presentasi secara nyata
– Kertas, layar
–  Slide show, power point
ii.  Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
– Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa, bau
– Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii.  Aspek Representation Dimension
– Ruang (space)
– Waktu (time) :
time independent, discreet (text, grafis)
time dependent, continuous media   (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
2. Representation Medium
•    Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
•   “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :
– Text  :  ASCII dan EBCDIC
– Grafis: CEPT atau CAPTAIN  videote
– Audio stream               : PCM  (Pulse  Coding  Method)  dengan  kuantisasi linier 16 bit
–     Image                      :  Facsimile (standard ISO) atau JPEG
–     Audio/video            : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer standard (MPEG)
3. Presentation Medium
•    Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
•     “Melalui media  apa  informasi disajikan     oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
     Output :  kertas, layar, speaker
     Input    :  keyboard, mouse, kamera, microphone
4. Storage Medium
•    Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
•   “Dimanakah informasi akan disimpan?”  microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
•    Pembawa  informasi  yang  memungkinkan  terjadinya  transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
•   “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
6. Information Exchange Medium
•    Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
•     “Bagaimana   informasi dari  tempat  yang berbeda saling dipertukarkan?” direct transmission dengan jaringan komputer, combined  (storage  dan  transmission media),  web  yang  berisi informasi, e-book, forum.
Internet Based
Internet Based adalah suatu sistem atau proses yang menghubungkan penguna internet dengan berbagai macam sumber pengetahuan yang saling berinteraksi baik secara synchronous maupun asynchronous berbasis teknologi informasi dengan antarmuka web. Mungkin agak sedikit rancu tentang kata web, coba saya jelaskan sedikit tentang web.

Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Sebenarnya antara www (world wide web) dengan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www mencadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa keks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, filem, animasi dan lain-lain. Web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada diseluruh penjuru dunia dan terhubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.

PERANGKAT PEMBUATAN APLIKASI MEDIA
A. Perangkat Keras ( Hardware)
Hardware atau dalam bahasa indonesia disebut perangkat Keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau dalam bentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware)
1) Video Board/ Video Graphic Adapter (VGA)
VGA adalah perangkat komputer yang berfungsi menampilkan gambar pada layar monitor VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
2) Sound Card
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.
Sound Card Onboard adalah sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
Sound Card Offboard adalah sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
Soundcard External adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.


3) CD-ROM
Compact Disk Read Only Memory adalah salah satu terobosan yang cukup penting dalam dunai komputerisasi, walaupun hanya dapat ditulis sekali dan dibaca berulang-ulang, akan tetapi daya simpan yang cukup tinggi sekitar 650 MB sangat membantu sebagai tempat penyimpanan data.

Compact Disk yang beredar sekarang ini terdiri dari beberapa tipe format seperti : CD-DA (Digital Audio) atau biasa disebut CD-Music; Kodak Photo CD berisi file-file gambar yang dipadatkan; CD-I (Interactive) berisi gambar-gambar video yang interaktif; dan masih ada beberapa tipe format CD yang lainnya.

4) Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

B. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak atau Software membantu pengguna komputer untuk memberitahukan apa yang harus dilakukan komputer. Perangkat lunak digunakan untuk membuat elemen-elemen multimedia seperti teks, gambar, suara, video dan animasi. Elemen-elemen tersebut dapat dihasilkan dari hasil imajinasi dalam pemakaian perangkat lunak pada komputer.

1) Video Streaming
Video Streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar. Contohnya: Yahoo Messenger, Skype, YouTube, atau yang sejenisnya.
Cara Kerja : Mengalirkan sebuah data video dari suatu transmitter ke sebuah atau beberapa komputer yang berfungsi sebagai receiver. Jadi receiver menerima video tersebut secara real time dan receiver tidak dapat mengulang stream yang didapatnya. Video streaming biasanya digunakan pada kelas virtual atau konferensi video. Tapi tidak menutup kemungkinan juga video streaming dilakukan untuk mentransmit suatu video clip ataupun film ke client yang menjadi receiver.

2) VOIP (Voice Over Internet Protocol)
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung.Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa.
Cara Kerja : Teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

3) Video VOIP
Video profesional over IP sistem menggunakan beberapa codec video standar yang ada untuk mengurangi materi program ke bitstream (misalnya, aliran transportasi MPEG), dan kemudian menggunakan Internet Protocol (IP) jaringan untuk membawa bahwa bitstream dikemas dalam aliran paket IP . Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan beberapa varian dari protokol RTP. Tercatat video profesional melalui jaringan IP memiliki tantangan khusus dibandingkan dengan sebagian besar lalu lintas IP non-waktu-kritis. Banyak masalah ini mirip dengan yang ditemukan pada voice over IP, tetapi untuk tingkat yang lebih tinggi dari persyaratan teknik. Secara khusus, ada kualitas yang sangat ketat persyaratan layanan yang harus dipenuhi untuk digunakan dalam lingkungan siaran profesional.

Cara Kerja:
IP-enabled set-top box dikendalikan oleh platform middleware yang duduk di headend.
Untuk linear video IP MPEG, paket yang dikemas dalam IP untuk transmisi di jaringan. Video disampaikan melalui model kabel sistem terminasi Cisco (CMTS), bukan quadrature amplitude modulasi (QAM).
DOCSIS 3.0 teknologi memungkinkan layanan video maju dengan memberikan IP video interaktif ke rumah.

4) ENCODER
Encoder adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengkodekan data input menjadi data bilangan dengan format tertentu.Encoder dalam rangkaian digital adalah rangkaian kombinasi gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk line input dan memiliki output sedikit dalam format bilangan biner. Encoder akan mengkodekan setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner. Dalam teori digital banyak ditemukan istilah Encoder seperti “Desimal to BCDEncoder” yang berarti rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkodekan line input dengan jumlah line input desimal (0-9) menjadi kode bilangan biner 4 bit BCD (Binary Coded Decimal). Atau “8 line to 3 line Encoder” yang berarti rangkaian Encoder dengan input 8 line dan output 3 line (3 bit BCD).
Cara Kerja: Mengubah sinyal seperti data atau bitstream ke dalam bentuk yang dapat diterima untuk transmisi data atau penyimpanan data. Umumnya ini dilakukan melalui suatu algoritma tertentu, terutama jika ada bagian yang berupa digital.

5) MPEG-2 & MPEG-4
MPEG-2 adalah penentuan untuk sekelompok koding dan kompresi untuk audio dan video, yang disetujui oleh MPEG dan diterbitkan sebagai standar internasional ISO/IEC 13818. MPEG-2 biasanya digunakan untuk encode audio dan video untuk sinyal broadcast, termasuk satelit broadcast langsung dan televisi kabel. MPEG-2 dengan beberapa modifikasi juga format coding yang digunakan dalam film DVD komersial. Menggunakan MPEG2 perlu membayar biaya lisensi kepada pemegang paten melalui MPEG Licensing Association.

MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.
- MPGE
Cara Kerja: MPEG-2 sama dengan MPEG-1, tetapi juga menyediakan dukungan untuk interlaced video ( seperti pada siaran TV ) dan juga mendukung Transport Stream yang dibuat untuk mentranfer video dan audio digital pada media dan digunakan untuk broadcasting. Standard MPEG-2 saat ini telah ditingkat menjadi standard terbaru untuk transmisi HDTV. Saat ini digunakan untuk SVCD, DVD dengan tingkat bit yang dapat diubah dan memiliki kualitas gambar yang luar biasa. DV Video merupakan subformat khusus dari MPEG-2 dengan tingkat bit yang tetap. Format ini sangat cocok digunakan untuk video editing.
MPEG-4 berbasis MPEG-1 dan MPEG-2, tetapi ada tambahan fitur seperti dukungan VRML untuk rendering 3D, files komposit berorientasi objek (termasuk audio, video dan virtual reality modelling), dukungan untuk DRM dan berbagai macam interaktivitas.
Referensi
http://hartina129b.blogspot.sg/2013/04/pengertian-multimedia-dan-contohnya.html
https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3443/Bab%202.pdf?sequence=7
http://clickzbramanthya.blogspot.sg/2013/03/pemanfaatan-multimedia.html
https://kusdanar.wordpress.com/2013/03/19/multimedia-dalam-pendidikan/
http://elektroengineering.blogspot.sg/2013/03/multimedia-untuk-aplikasi-umum.html
https://irfanramadhan4.wordpress.com/2013/03/22/multimedia-untuk-aplikasi-umum/
https://kusdanar.wordpress.com/2013/03/20/internet-based/
http://dannyonggo.blogspot.com/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html
http://stiebanten.blogspot.com/2011/07/manfaat-multimedia-dalam-kehidupan.html
http://chievan.blogspot.com/2010/04/pemanfaatan-multimedia.html
http://pandakris.blogspot.co.id/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-multimedia-dan-jenis-multimedia/
http://achmadarfan91.blogspot.co.id/p/blog-page_21.html
https://agungborn91.wordpress.com/2013/03/16/pemanfaatan-multimedia/
https://kusdanar.wordpress.com/2013/03/20/internet-based/
http://www.transiskom.com/2010/10/pengertian-dan-jenis-sound-card.html
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer/
http://imamnetwork.blogspot.com/2011/08/voip.html
https://ignasiusmicko.wordpress.com/2016/04/05/perangkat-media-pembuatan-aplikasi-multimedia/

Komentar

Postingan Populer